Memori Kami

Read on Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Bharesta

Senin, 30 Maret 2009

Kami Berduka

Berita duka kini hadir diwilayah jajaran Polresta Bukittinggi, bajir bandang melanda ! berikut adalah berita yang kami kutip dari berbagai sumber.


Korban Sementara 6 Orang Hilang

Detiknews.com - Banjir bandang disertai tanah longsor di Sumatera Barat melanda 9 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam. Untuk sementara, 6 orang dinyatakan hilang terbawa derasnya air.

Dari 9 kecamatan tersebut, 6 di antaranya berada di Kabupaten Tanah Datar, yakni Kecamatan Tanjung Baru, Salimpaung, Sungai Tarap, Sungayang, Pariangan, dan Tanjungmas. Sedangkan 3 kecamatan lainnya berada di wilayah Kabupaten Agam, yakni Kecamatan Candung, Baso dan Kecamatan Ampe Ampe. Kecamatan-kecamatan yang dilanda banjir bandang tersebut berada di lereng Gunung Merapi, Sumbar.

Bupati Tanah Datar, Pasadigue, yang dihubungi detikcom mengatakan, untuk sementara 6 orang dinyatakan hilang. Dari jumlah tersebut, 4 di antaranya warga Kecamatan Sungai Tarap dan 2 warga Kecamatan Sungayang.

"Tapi itu baru korban yang sudah diketahui identitasnya. Kemungkinan masih ada korban lain yang hilang," ujar Pasadigue.

Bencana yang memiliki istilah lokal galodo ini juga menimbulkan kerugian material di Kabupaten Tanah Datar. Sebanyak 5 jembatan ambruk, 11 kerbau hanyut, dan ratusan hektar sawah terendam lumpur.

"Sedikitnya 120 jiwa terisolasi di Tanah Datar. Kami masih melakukan upaya pertolongan," ungkap Pasadigue.

Menurut Pasadigue, sejak Minggu (29/3/2009), kawasan lereng Gunung Merapi memang diguyur hujan. Meski tidak terlalu deras, namun hujan turun terus menerus. Diduga kuat, tumpukan kayu lapuk menyumbat aliran air sehingga kemudian jebol dan menjadi banjir bandang.

Dihubungi terpisah Bupati Kabupaten Agam, Aristo Munandar, mengatakan bencana galodo di wilayahnya menyebabkan sejumlah rumah rusak. Galodo juga menghanyutkan 4 ekor kerbau dan merusak 10 hektar lahan pertanian warga.

(djo/nrl)
sumber : http://www.detiknews.com/read/2009/03/30/122127/1107034/10/korban-sementara-6-orang-hilang


Kerugian Banjir Bandang di Agam Diprediksi Rp15,3 M

30 Mar 2009 17:22:26

Agam, (tvOne)

Bupati Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Aristo Munandar, memperkirakan, kerugian mencapai Rp15,3 miliar akibat bencana banjir bandang yang melanda pemukiman penduduk di tiga kecamatan kabupaten itu, Senin dini hari.

"Kini pendataan kerusakan infrastuktur dan fasilitas umum serta rumah penduduk masih berlangsung. Dari data sementara di taksir kerugian mencapai Rp15,3 miliar," kata Aristo Munandar, ketika dikonfirmasi, Senin (30/3/2009).

Aristo menjelaskan, laporan sementara akibat banjir bandang belum ditemukan adanya korban jiwa, hanya dalam jumlah besar kerusakan infrastruktur seperti jembatan dan lahan pertanian masyarakat.

Pemukiman penduduk yang terkena banjir bandang, meliputi di Kecamatan Candung, Kecamatan IV Angkat dan Kec. Baso yang berjarak sekitar 95 kilometer dari Kota Padang, Sumbar.

Infrastruktur yang rusak, yakni enam jembatan permanen, satu musalla terbawah arus banjir bandang, bendungan lambung dan pintu air rusak berat di Kecamatan Candung.

Selanjutnya, sedikitnya 40 hektare sawah petani di Kecamatan Baso dan 19,5 haktare sawah siap panen di Kecamatan Candung dan empat ekor kerbau serta empat hektare sawah di Kecamatan IV Angkek.

"Kini sedikitnya sekitar 130 KK warga masih terisolasi pada dua dusun di Nagari Candung, Kecamatan Candung, akibat jembatan menunju pemukiman penduduk ambruk. Kini bantuan sudah mulai mengalir," kata dia.

Banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 03:00 WIB, disebabkan hujan dengan intensitas tinggi selama dua hari terakhir mengguyur wilayah Kab. Agam dan Tanah Datar, akibatnya Sarasah --air terjun-- di lereng Gunung Merapi, meluap sehingga masuk ke sejumlah anak sungai di antaranya Batang Tabuh.

sumber : http://www.tvone.co.id/berita/view/10558/2009/03/30/kerugian_banjir_bandang_di_agam_diprediksi_rp153_m





0 komentar:

Posting Komentar

assalamualaikum wr.wb.
terima kasih karena sudah mengunjungi blog kami...
untuk kesempurnaan blog ini..
kami harap kakak sekalian dapat meninggalkan sedikit catatan untuk kami...