Memori Kami

Read on Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Bharesta

Selasa, 24 Februari 2009

Pertolongan Pertama Bencana (P2B)

Pertolongan Pertama Bencana (P2B)

Gempa berkekuatan 7,4 SR menggunjang Kota Cikal Kelapa pada tanggal 30 Februari 2009 pukul 13:00 Wib. 1945 rumah rusak parah, 8 Tebing longsor, 17 jalan rusak. 100 jiwa melayang, dan 300 luka berat. Korban hilang diperkirakan mencapai 400 orang.

“Assalamualaikum Wr.Wb… selamat sore !!! Salam Pramuka !!! Salam Bhayangkara !!! baiklah, setelah ini kita akan melakukan pencarian (Search and Rescue) dibeberapa lokasi yang terisolir. Diperkirakan masih terdapat korban selamat yang tertimpa runtuhan bangunan. Untuk itu, sebelum kita melakukan pencarian, marilah kita berdoa kepada Tuhan YME, semoga pencarian kita membuahkan hasil dan kita semua terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ! berdoa… mulai !”

Itulah sekilas tentang kegiatan simulasi bencana alam yang dilakukan Saka Bhayangkara Polresta Bukittinggi. Kegiatan ini merupakan salah satu program latihan Dewan Saka Bhayangkara Polresta Bukittinggi. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menciptakan pemahaman terhadap pertolongan pertama jika terjadi bencana alam, seperti gempa, longsor, kebakaran, dll. Diharapkan, nantinya seluruh personil Saka Bhayangkara Polresta Bukittinggi dapat menjadi tenaga siaga yang selalu siap dimanapun, dan kapanpun. Kegiatan ini diadakan pertama kali tahun 1992, dan terakhir diadakan tahun 2007 di BuPer LASI. Diatas merupakan dokumentasi saat korban ditemukan dalam keadaan patah tangan dan kaki serta luka dibagian kepala akibat tertimpa bangunan. Korban dibawa ke posko medis menggunakan tandu yang dipersiapkan secara cepat sesaat setelah pengarahan dari instruktur Hermanto Sijabat (Leader KPA MBC Bukittinggi, kiri ). (AG)

0 komentar:

Poskan Komentar

assalamualaikum wr.wb.
terima kasih karena sudah mengunjungi blog kami...
untuk kesempurnaan blog ini..
kami harap kakak sekalian dapat meninggalkan sedikit catatan untuk kami...